Kumpulan Soal Pisa Matematika Konteks Covid-19 (Pisacomat)

Buku ini diterbitkan bertujuan untuk, pertama, membantu Pemerintah Indonesia dalam rangka mensosialisasikan salah satu Program Merdeka Belajar dengan diselenggarakannya Asesmen Minimun Kompetensi (AKM) sejak tahun 2021. Kedua, memfasilitasi guru dan siswa yang masih kebingungan ragam bentuk soal AKM untuk kemudian dipelajarinya dalam pembelajaran di kelas.  Ketiga, mendukung program Pemerintah Indonesia dalam rangka menerapkan kurikulum prototipe (KP) dimana salah satu keunggulannya adalah penguatan literasi dan numerasi siswa Indonesia.

Buku ini dikembangkan berdasarkan Framework PISA 2022 yang menjadi baromenter penilaian internasional Pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan AKM. Buku ini ditargetkan dapat digunakan oleh siswa dan guru sekolah menengah, dengan tujuan untuk memberikan gambaran atau bentuk soal penalaran numerasi dan membiasakan siswa mempelajari soal-soal penalaran yang akan diujikan pada AKM.

Buku ini mencangkup konten utama yang diujikan pada PISA 2022 yaitu Fenomena Pertumbuhan (dalam aljabar), Aproksimasi Geometri (dalam geometri), Simulasi Komputer (dalam bilangan), dan Membuat Keputusan Bersyarat (dalam data dan ketidakpastian). Soal-soal PISAComat dalam buku ini memiliki ragam level kesulitan mulai dari level pemahaman (L1), penerapan (L2), dan penalaran (L3). Menariknya, konteks yang digunakan adalah efek multiflier dari COVID-19. Buku ini lahir dan terinspirasi dari munculnya beragam data dan situasi baru efek dari COVID-19 yang menarik secara matematis untuk dipahami. Dengan demikian, siswa dapat belajar matematika sekaligus bertahan hidup dan beradaptasi di tengah pandemic COVID-19. Buku ini terdiri dari 3 pokok bahasan yaitu Pendahuluan, Kajian Literatur, 4 (Empat) Konten Soal PISA Asli beserta Soal PISAComat dilengkapi kisi-kisi dan kunci jawaban, dan Penutup. Kajian literatur yang dibahas mengenai Framework baru PISA 2022, Asessmen Kompetensi Minimum dan Pengaruh PISA terhadap Pendidikan di Indonesia.

Penulis :

Duano Sapta Nusantara, Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri

Editor Isi :

1. Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Komp., M.Sc.

2. Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si.

3. Duano Sapta Nusantara, S.Pd.

Editor Bahasa :

Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Komp., M.Sc.

Desain Sampul :

Duano Sapta Nusantara, S.Pd.

Penerbit :

UPT. Penerbit dan Percetakan

Universitas Sriwijaya 2020

Kampus Unsri Palembang

Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139

Telp. 0711-360969

Email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com Website : www.unsripress.ac.id

Cetakan Pertama, Oktober 2022 VII + 192 hal ; 21 × 29,7 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − 4 =