Modal Manusia, Urbanisasi, Makroekonomi, Dan Perbankan: Perspektif Kawasan ASEAN

Bunga Rampai ini terdiri dari 10 topik yang dibuat oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, membahas tentang fenomena modal manusia, urbanisasi, makroekonomi, dan perbankan di negara-negara yang tergabung di dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Aspek makroekonomi dalam buku ini meliputi pembahasan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia yang menyajikan informasi mengenai pengaruh pengeluaran pemerintah dan trade opennes terhadap pembangunan manusia melalui pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN. Selanjutnya pembahasan kausalitas antara angka harapan hidup, pengeluaran pemerintah di sektor kesehatan dan pertumbuhan ekonomi di Negara ASEAN-5 serta kausalitas antara keterbukaan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi terhadap foreign direct investment di negara ASEAN. Aspek makroekonomi lainnya yang dibahas mengenai inflasi yang dikemas dalam topik pengaruh suku bunga, nilai tukar dan output gap terhadap inflasi di lima negara ASEAN.

Kajian perbankan mengenai federal fund rate dibahas dalam topik federal fund rate terhadap kebijakan moneter dan makroekonomi dalam perekonomian terbuka kecil: kasus negara ASEAN-3. Industri perbankan islam dalam komparasi kinerja pada industri perbankan islam Indonesia dan Malaysia: studi pendekatan Maqashid Syariah Index (MSI). Kinerja perbankan dibahas dalam konteks kualitas asset, kecukupan modal, likuiditas dan profitabilitas di negara ASEAN. Dalam bagian akhir disajikan topik pengaruh pertumbuhan ekonomi dan economic freedom terhadap indeks pembangunan manusia di enam negara ASEAN. Hubungan antara urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, dan foreign direct investment (FDI) di enam negara ASEAN serta pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pengeluaran konsumsi di lima negara ASEAN.

Penulis : Azwardi, dkk

Editor: Dr. Azwardi, S.E., M.Si.

Penerbit :

UPT. Penerbit dan Percetakan
Universitas Sriwijaya 2022
Kampus Unsri Palembang
Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139
Telp. 0711-360969
email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com
website : www.unsri.unsripress.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − eighteen =