Polimorfisme Titik -819 T/C Promotor Gen Interleukin-10 Dan Perbandingan Kadar Interleukin-10 Pada Penyakit Kusta

Penyakit kusta masih menjadi masalah global karena prevalensinya yang terus meningkat, terutama di negara endemik. Sulitnya mengeliminasi penyakit ini merupakan tantangan tersendiri bagi para klinisi dan akademisi. Penyakit kusta yang tidak terdeteksi dan tidak diobati dapat menyebabkan kecacatan. Selain itu, penyandang kusta juga dihadapkan pada stigma di masyarakat yang menyebabkan penderita kusta dijauhi dan dikucilkan.

Selain aspek klinis, pemahaman mengenai aspek biomolekuler memainkan peran yang penting dalam menelusuri faktor risiko dan patogenesis kusta. Penyakit ini tentu dapat berkembang karena ketidakmampuan respon imun dalam mengeliminasi bakteri utama yang menjadi etiologinya, yaitu Mycobacterium leprae. Respon imun dihasilkan dari interaksi berbagai sitokin. Salah satu sitokin yang menjadi perhatian para peneliti adalah interleukin-10 (IL-10), yang memiliki efek dominan anti-inflamasi. Interleukin-10 dikaitkan dengan kerentanan dan ketahanan individu terhadap penyakit kusta. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi sekresi sitokin ini adalah faktor genetik. Perubahan di tingkat genetik, salah satunya adalah polimorfisme di titik tertentu, berpengaruh pada produksi IL-10.

Karena kajian mengenai aspek biomolekuler penyakit kusta masih terbatas, terutama terkait polimorfisme dan kadar IL-10, maka dibutuhkan literatur tambahan yang dapat menjelaskan bahasan ini dengan lebih sistematis dan komprehensif. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penulisan buku yang berjudul “Polimorfisme Titik -819 T/C Promotor Gen Interleukin-10 dan Perbandingan Kadar Interleukin-10 pada Penyakit Kusta. Penulis berharap buku referensi ini dapat memberikan manfaat dan menjadi sumber bacaan, baik bagi para akademisi maupun klinisi yang langsung berhubungan dengan penyakit kusta.

Penulis :

  1. Desi Oktariana
  2. Irsan Saleh
  3. Zen Hafy
  4. Iche Andriyani Liberty

Penerbit :

UPT. Penerbit dan Percetakan
Universitas Sriwijaya 2022
Kampus Unsri Palembang
Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139
Telp. 0711-360969
email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com
website : www.unsri.unsripress.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − 9 =