Resep MPASI dari Sayur dan Toga Mudah dan Murah

MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu merupakan makanan yang mengandung zat gizi untuk diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan untuk memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa fase kritis dalam pemenuhan zat gizi pada bayi terjadi saat peralihan dari ASI menjadi MPASI, maka untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai praktik pemberian nutrisi MPASI yang tepat. Pemberian MPASI mesti mencukupi untuk bayi dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan tetap memperhatikan keberlangsungan pemberian ASInya.

Buku “Resep MPASI dari Sayur dan Toga Mudah, Murah dan Bergizi” dipersembahkan sebagai pengetahuan untuk mempersiapkan makanan bayi dengan mempertimbangkan aspek kemudahan mendapatkan bahan-bahannya terutama dari bahan sayuran dan toga yang secara umum biasanya bias ditanam dipekarangan rumah. Menu harian bayi selalu disiapkan setiap hari sehingga sangat penting mempertimbangkan adanya kepraktisan dan kemudahan dalam pengolahannya dan memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan bagi pemenuhan MPASI.

Resep MPASI dalam buku ini dapat dijadikan acuan mempersiapkan porsi bahan makanan bayi dengan mempertimbangkan pemenuhan kalori dan memenuhi kebutuhan zat gizi baik makro maupun mikro. Resep MPASI ini menjadi semacam menu harian yang bersifat praktis dengan jumlah waktu makan sesuai usia bayi dengan memperhatikan nutrisi dan preferensi terhadap bahan makanan yang bersumber dari bahan sayuran dan toga yang ada dipekarangan rumah. Semoga buku ini bermanfaat dan dapat membantu para orangtua, pengasuh anak sekaligus dapat digunakan para mahasiswa gizi dan para peneliti akan pentingnya panduan Resep MPASI yang mudah didapatkan berasal dari bahan sayuran dan toga disekitar rumah.

Penulis :

  1. Dr. Anita Rahmiwati, S.P., M.Si., AIFO
  2. Windi Indah Fajar Ningsih, S.Gz., M.PH., AIFO
  3. Sari Berna Rmdika, S.Gz., M.Gz
  4. Yuliarti, S.KM., M.Gizi

Penerbit :

UPT. Penerbit dan Percetakan
Universitas Sriwijaya 2022
Kampus Unsri Palembang
Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139
Telp. 0711-360969
email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com
website : www.unsri.unsripress.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + four =