PERAWATAN INTENSIF OBSTETRI

Kehamilan merupakan salah satu tekanan fisiologis paling mendalam yang akan dialami seorang wanita. Durasi kehamilan serta sifat unik unit fetomaternal memerlukan adaptasi yang signifikan dilakukan oleh ibu untuk memastikan luaran janin dan ibu tetap optimal. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan pasien obstetri di ICU.

Manajemen cairan merupakan langkah paling penting dalam tatalaksana pada kasus obstetri yang kritis dan akut. Perubahan anatomis dan fisiologis pada ibu hamil perlu dijadikan sebagai pertimbangan pada terapi cairan. Terdapat berbagai kasus pada ruang intensif yang membutuhkan manajemen cairan, terutama pada kasus perdarahan, hipertensi pada kehamilan dan sepsis. Pemberian cairan perlu diiringi dengan pengawasan, menggunakan penanda hemodinamik seperti tekanan darah dan nadi, untuk mencegah terjadinya pemberian jenis cairan yang tidak tepat, pemberian volume yang tidak tepat, dan pemberian cairan yang terlalu banyak sehingga dapat menyebabkan overload cairan.

Pasien dalam keadaan kritis di ICU memiliki risiko malnutrisi yang signifikan. Protokol pemberian nutrisi harus menyesuaikan dengan hasil asesmen nutrisi pasien agar tidak menyebabkan kondisi seperti underfeeding atau overfeeding. Penting sekali untuk memberikan nutrisi enteral dini dan jika tidak dapat dicapai, nutrisi parenteral harus diterapkan dengan parameter pemantauan yang cermat untuk menghindari overfeeding. Terlebih lagi pada pasien kebidanan yang berada di ICU, pemberian asupan nutrisi sangat penting karena tidak hanya berdampak pada keadaan ibu. Namun, harus dipastikan nutrisi tersebut dapat mencukupi kebutuhan janin. Pemberian nutrisi pada ibu hamil selama di ICU harus disesuaikan pada berat badan ibu, kebutuhan kalori, usia kehamilan, beratnya penyakit, dan lain-lain. Dukungan dan suplemen nutrisi yang disesuaikan dengan etiologi dan tahap pemulihan pasien ICU dapat memperbaiki kondisi metabolisme, menurunkan morbiditas, dan mengoptimalkan keberhasilan rehabilitasi jangka panjang.

Penulis :

Peby Maulina Lestari

Muhammad Al Farisi Sutrisno

UPT. Penerbit dan Percetakan

Universitas Sriwijaya 2023

Kampus Unsri Palembang

Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139

Telp. 0711-360969

email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com

website : www.unsri.unsripress.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − 2 =