Anemia Defisiensi Zat Besi Ancaman Bagi Balita

Buku ini berjudul Anemia Defisiensi Zat Besi Ancaman bagi Balita, yang  memberikan gambaran umum tentang anemia defisiensi zat besi pada anak, dengan fokus pada periode mulai dari kehamilan hingga usia 5 tahun. Menekankan dampak anemia defisiensi zat besi pada pertumbuhan linier, fungsi kognitif, kemampuan bahasa, dan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Buku ini juga membahas berbagai penyebab dan faktor risiko yang mengarah pada perkembangan anemia defisiensi zat besi pada anak, termasuk faktor-faktor seperti asupan makanan kaya zat besi yang buruk, kondisi kesehatan tertentu, dan kecenderungan genetik. Rincian gejala umum anemia defisiensi zat besi pada anak, seperti kelelahan, kelemahan, kulit pucat, dan detak jantung yang cepat serta menjelaskan proses diagnostik untuk anemia defisiensi zat besi, termasuk tes darah untuk mengukur kadar hemoglobin dan feritin juga dituliskan dengan rinci di buku ini.

Selain itu buku ini juga menguraikan pilihan pengobatan yang berbeda untuk anemia defisiensi zat besi, termasuk suplemen zat besi, modifikasi diet, dan dalam kasus yang parah yaitu transfusi darah.  Dalam strategi pencegahan anemia defisiensi zat besi pada anak, buku ini berfokus pada langkah-langkah pencegahan  seperti pentingnya asupan diet kaya zat besi, skrining rutin, dan  pendidikan  kesehatan bagi orang tua.

Melalui pendekatan yang komprehensif, buku ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang risiko yang terkait dengan anemia defisiensi zat besi, menekankan pentingnya deteksi dini dan strategi pencegahan untuk menjaga kesehatan dan perkembangan anak sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan bagi balita.

Penulis :

Prof. Dr. Rostika Flora, S.Kep. M.Kes, AIFO

Fatma Juwita Lubis, SST

Nurul Fitriani, S.Tr. Keb

Dwi Ratnawaty Hakim, SST

UPT. Penerbit dan Percetakan

Universitas Sriwijaya 2024

Kampus Unsri Palembang

Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139

Telp. 0711-360969

email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com

website : www.unsri.unsripress.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − eighteen =