DATA ANALYSIS: PENDETEKSIAN ANOMALI PENERBANGAN COMMERCIAL MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING DI BANDARA SULTAN SYARIF KASIM II.

buku yang berjudul “Pendeteksian Anomali Penerbangan Commercial”‘ Menggunakan Metode Clustering Di Bandara Sultan Syarif Kasim II” ini akhirnya dapat diselesaikan. Buku ini disusun dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam kepada para pembaca mengenai deteksi anomali dalam fase pendaratan pesawat, khususnya di Bandara Sultan Syarif Kasim II, dengan memanfaatkan data ADS-B dan penerapan algoritma machine learning seperti KMeans, Gaussian Mixture Model (GMM), dan Balanced Iterative Reducing and Clustering using Hierarchies (Birch).
Buku ini secara khusus dipersiapkan agar para pembaca dapat memahami konsep dasar dari teknik clustering dalam analisis data penerbangan, penerapan algoritma tersebut untuk mendeteksi kondisi abnormal, serta langkah-langkah praktis dalam mengelola dan menganalisis data ADS-B. Penulis berharap bahwa pembaca dapat mengambil manfaat dari buku ini, baik dalam konteks akademis maupun profesional, terutama dalam bidang keselamatan penerbangan dan analisis data.

PENULIS :

TASWIYAH MARSYAH NOOR
ROSSI PASSARELLA
OSVARI ARSALAN

UPT. Penerbit dan Percetakan
Universitas Sriwijaya 2024
Kampus Unsri Palembang
Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139
Telp. 0711-360969
email : unsri.press@yahoo.com, penerbitunsri@gmail.com
website : www.unsripress.unsri.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + 5 =